Pemasaran Buku
Pertemuan ke-19
Resume 17
Gelombang 25
Hari Rabu, 29 Juni
2022
Narasumber : Agus
Subardana, S.E., M.M.
Moderator : Sigid
Purwo Nugroho
Alhamdulillah, perlatihan
BM malam ini sudah memasuki pertemuan yang ke-19. Banyak pengetahuan yang sudah
diperoleh tentang dunia tulis-menulis, tinggal action saja lagi untuk bisa
menghasilkan tulisan yang bagus lanjut dicetak menjadi buku solo. Malam ini
materi pelatihan sangan menarik, yaitu tentang Pemasaran Buku.
Pak Sigid sebagai
moderator membuka kelas dengan menyampaikan beberapa hal tentang pelatihan malam
ini serta menyampaikan biodata Narasumber. Pak Sigid mengingatkan agar peserta
pelatihan sudah mempersiapkan untuk naskah buku solo sebagai salah satu syarat
lulus dari Kelas BM PGRI Gelombang 25 dan 26. Semangat terus untuk menulis dan
tetap berkarya. Draft untuk buku solo segera dirampungkan kemudian disatukan
dalam satu file agar memudahkan dalam penyusunan naskah.
Narasumber bapak Agus
Subardana merupakan seorang Magister Manajemen Pemasaran, bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta (Penerbit Mayor) selama lebih dari 18
tahun. Beliau bekerja sejak awal tahun 1999 sampai sekarang, menggeluti di
Bidang Pemasaran serta pernah menjadi
Dosen selama 4 Tahun di STIE Wiyata Mandala Jakarta.
Strategi pemasaran
penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik. Kenapa demikian,
hal ini dapat dilihat dari jenis-jenis buku yang diterbitkan. Jenis-jenis buku
yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi beberapa katagori buku. Salah
satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan cukup banyak katagori produk yaitu
ada 32 katagori produk buku (Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian,
Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks, buku-buku untuk
perguruan tinggi serta buku-buku pelajaran khususnya pelajaran SD SMP, SMA, dan
SMK).
Dari jenis – jenis
katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1. Faktor
Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu
demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya
Strategi pemasaran buku dipetakan
menjadi dua kategori, yaitu :
A. Strategi
Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line )
1. Pentingnya Transformasi Digital
Dampak
dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era
ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau
low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru
hingga pergeseran di sektor-sektor industri, terutama sektor Industri
Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat
bekerja, Cara belajar – mengajar,
kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang
kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada
bisnis penerbitan buku.
Adapun
manfaat digital marketing antara lain pemasaran menjadi sangat luas, lebih
cepat, mudah dievaluasi dan dikembangkan. Sehingga dengan adanya pemasaran
jenis ini bisa kita cepat evaluasi dan juga kita carikan solusi-solusinya.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita
harus terus proaktif untuk terus promosi, supaya kita dapat :
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku (yang kurang minat beli akan menjadi tertarik untuk membeli), persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing-masing sesuai
dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah
jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektif dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan penjualan buku yang kita tawarkan lebih
tinggi. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas
serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas
pemasaran lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom, Live Youtube TV. ANDI, dengan tema –
tema yang menarik.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE).
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam
penetrasi pasar buku, kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka
cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah
mempunyai 90 cabang dari Aceh sampai Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran
ditiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :
1. 1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai
mesin percetakan sendiri, sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di
Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut ?
hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi
yang berbeda-beda. contoh toko buku
modern yaitu Gramedia, Bookstore, gunung Agung Bookstore dan Toka Mas Book
Store. Toko buku modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan
teknologi yang ada. Kita dapat mengendalikan dengan sistem sentralisasi sehingga
kita bisa up to date mengetahui buku kita laku dan juga bisa tahu stok yang ada
toko.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
- Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
- Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM dan lain-lain)
- Dan masih
banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan kuncinya
kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut yaitu
melalui Kepala Toko dan Supervisor.
Program promosi di Gramedia melalui display buku serta diskon sampai dengan 20 %. Selain itu ada juga diskon khusus untuk edisi tertentu. Diskon khusus kepada mahasiswa juga diberikan menjelang tahun ajaran baru karena sebagian besar buku terbitan Andi adalah buku-buku teks perguruan tinggi.
2.
Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan
berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku
penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu
:
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku
pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK,
Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut di atas maka
kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten.
Strategi pemasaran buku secara singkat terus
berkembang sesuai keadaan serta kemajuan teknologi. Tenaga pemasaran buku
sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya-karya tulisan
ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut
serta dalam mencerdaskan kehidupan
bangsa Indonesia.
Maka dari itu Menulis adalah berjuang, penulis adalah
Pahlawan yang akan di kenang selama -lamanya. Lembaran karya adalah medan
pertempuran, Pena adalah senjatanya.
"Buku adalah gudang ilmu, kuncinya adalah membaca. Membaca adalah jendela dunia”.
Penghujung Juni 2022
Rusdawati
Antul Bun...resumenya rapi bener...
BalasHapusMantap bu resumenya, lengkap
BalasHapusResume nya komplit dan cakep bu
BalasHapusalhamdulillah selesai resumealam ini. Semangat Bu Rusda
BalasHapusMantap resumenya 👍
BalasHapusSelalu semangat Bu, mantap 👍
BalasHapusayo semangat buat buku solo hanya 1 pertermuan lagi
BalasHapus